Friday, January 27, 2017

Pengakuan



Hari ini adalah hari terakhir #10DaysKF dengan tema “tulislah sebuah hal yang kamu berjanji tidak akan menggulanginya kembali”. Tema ini adalah tema tersulit bagi saya. Karena saya adalah orang yang sulit untuk berjanji. Suka ingkar dengan janji yang sudah dibuat sendiri. Selain  itu, selama ini saya belum menemukan hal yang patut untuk disesali dan membuat saya tidak ingin mengulanginya kembali. Karena saya terlalu spontan dalam berpikir, banyak hal yang tiba-tiba saya lakukan tanpa perhitungan. Mungkin lebih tepatnya bukan berjanji untuk tidak akan mengulangi, tetapi berusaha untuk mengurangi perbuatan tanpa perhitungan (yang tergolong banyak) yang selalu saya lakukan.


Ada salah satu perbuatan tanpa perhitungan yang selalu saya lakukan yaitu dalam hal pengeluaran yang tidak perlu. Saya suka sekali terhasut oleh rayuan mata dan perasaan saya tentang suatu barang tanpa memperhatikan itu barang yang saya butuhkan atau yang saya inginkan. Saya sering kali susah untuk membedakan mana barang yang saya butuhkan dan mana barang yang saya inginkan. Karena seringnya terhasut, pengeluaran saya sering kali tidak terkontrol, dan tidak ada jatah untuk mengisi buku rekening.

Hal tersebut sepertinya sudah tercium oleh ayah sejak dulu. Karena saya ingat, ketika pertama kali masuk kuliah, saya dibekali buku pengeluaran dan pemasukan. Buku tersebut harus diserahkan kepada ayah setiap minggunya untuk dicek dan ditandatangani. Tapi sekali lagi, karena saya sulit untuk melakukan konsistensi jangka panjang, nasib buku itu hanya berlaku empat bulan. Setelah itu, pengeluaran yang tidak perlu selalu terulang sampai sekarang dengan intensitas fluktuatif *eaaaakk.

Mulai sekarang, sebisa mungkin, saya akan membedakan mana barang yang saya butuhkan dan mana yang saya inginkan. Karena konsistensi jangka panjang itu banyak godaan, setidaknya jika membuka blog ini (suka sekali stalking tulisan sendiri *terlalu narsis) akan membuat saya mengingat tentang usaha untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Semoga berhasil \^^/ *emotic lawas.


-sekian-

*** #10DaysKF hasri kesepuluh : “tulislah sebuah hal yang kamu berjanji tidak akan menggulanginya kembali”

No comments:

Post a Comment